21 Juli 2019

Cara Langkah Mendirikan Karang Taruna

Beberapa hari yang lalu ada seorang pengunjung blog kami yang menanyakan tentang cara atau langkah - langkah yang harus dilakukan dalam pembentukan Karang Taruna (KarTar). Beliau hendak sharing tentang tentang pembentukan karang taruna. Berikut ini langkah - langkah yang kami lakukan dalam mendirikan karang taruna Ristansari dan beberapa hal yang perlu dipersiapkan. 

Karang Taruna merupakan sebuah organisasi kemasyarkatan, yang sebenarnya merupakan program resmi dari Pemerintah yang tertuang dalam Undang - undang, sehingga hendaknya sebuah organisasi juga harus memiliki legalitas dan proker yang jelas sehingga perlu disiapkan beberapa aspek. Lebih jelasnya lihat pedoman dasar karang taruna.

1. Musywarah Pemilihan

Hal yang paling mendasar tentunya dalam pendirian karang taruna melakukan rapat atau musyawarah pemilihan pengurus KarTar yakni pemilihan Ketua dan Pengurus Kartar. Perlu ditekankan adanya suatu musyawarah untuk mufakat untuk menemukan pengurus yang berkompeten, bukan hanya sekedar voting. Voting dapat dilakukan jika memang tidak adanya suatu kesepakatan. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam musyawarah pemilihan yakni susunan acara meliputi penentuan dewan kehormatan, pengajuan kandidat, kampanye calon (penyampaian profil, visi misi, proker), musyawarah itu penentuan, pembacaan struktur organisasi, aturan dan tata tertib. Persiapan ini dapat dilihat pada teks moderator pemilhan pengurus KarTar Ristansari. Jika ingin acaranya padat dapat mempesipkan pula teks serah terima jabatan dan berita acara (naskah) serah terima jabatan.

2. Visi dan Misi

Visi merupakan tujuan yang akan dicapai suatu organisasi, sedangkan misi cara - cara untuk mencapai misi tersebut. Visi misi kami sekarang ini lebih pada peningkatan SDM dan pengabdian masyarakat. Lihat visi misi karang taruna Ristansari

3. ADART

Anggaran Dasar dan Anggran Rumah Tangga (ADART) karang taruna bisa disahkan hingga level Desa, kebetulan punya kami hanya sampai tingkat RT. 

4. SK

Surat Keputusan (SK) juga disahkan sampai tingkat Desa. Selain itu SK juga berisi struktur organisasi.

5. Struktur Organisasi

Struktur yang ada di Karang Taruna kami yaitu Penangungjawab (Kepala Desa/ Ketua RT), Pembina, Ketua, Wakil, Sekretaris, Bendahara, Seksi humas, Seksi konsumsi, Seksi Dokumentasi dan Publikasi. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan.

6. Kelengkapan Adminisrasi

Kebutuhan administrasi antara lain: Presensi anggota, Iuran anggota, kocokan arisan tempat, Surat undangan kumpulan (rapat), teks sambutan tuan rumah, teks sambutan ketua karang taruna, teks sambutan ketua RT, teks pembawa acara rapat, teks moderator rapat, teks do'a penutup. Diharpakan dengan adanya teks- teks tersebut semua anggota karang taruna dapat belajar mengisi acara pada acara kumpulan rutin. Di tempat kami tidak ada arisan uang, yang ada adalah arisan tempat, pembawa acara, moderator, dan do'a, sehingga lokasi kumpulan selanjutnya dapat ditentukan.

7. Program kerja

Program kerja secara umum dapat dibagi menjadi tiga yaitu proker rutin, tahunan, dan stimulan.
  1. Program kerja rutin (bulanan) yaitu kumpulan rutin yang berisi rapat atau edukasi, membersihkan mushola, kerjabakti. 
  2. Program kerja tahunan yaitu: Lomba 17an, malam tirakakatan kemerdekaan RI, pemasangan umbul - umbul dan spanduk, pemasangan spanduk idul fitri. Bisa ditambahkan kegiatan halal bihalal dan ulang tahun karang taruna. 
  3. Program Situasional adalah bentuk kegiatan lain yang bisa diadakan secara tiba - tiba misal Gotong royong pada kegiatan tertentu, acara nikahan, pembuatan plang jalan, pembuatan papan nama gang, melengkapi kebutuhan mushola, menjenguk orang sakit dan lain - lain. 
Jika Program situasional memang akan dilaksanakan bisa dimasukan pula dalam rancangan program kerja selama setahun kedepan. 

Jika semua kebutuhan administrasi diatas sudah lengkap maka dapat di umumkan kepada seluruh anggota dan elemen masyarkat yang terlibat seperti warga, kepala desa dan perangkat, ketua RT setempat dan pemuka agama. Hidupnya suatu organisasi dapat dilihat dari karyanya. Maka karang taruna akan terus selalu eksis jika terus melakukan kegaitan seperti kumpulan rutin dan proker lainya.

Unduh versi Doc

Apabila anda ingin download versi dokumen (doc) artikel "cara mendirikan karang taruna diatas" silahkan klik "Download Now" dibawah ini.

Download Berkas

  • Download Pedoman Dasar Karang Taruna
  • Download Teks Moderator Pemilihan Pengurus Karang Taruna
  • Download Teks Serah Terima Jabatan Karang Taruna
  • Download Berita Acara Serah Terima Jabatan
  • Download Visi Misi Karang Taruna
  • Download ADART Karang Taruna
  • Download SK Karang Taruna
  • Download Program Kerja
Share:

101 komentar:

  1. trim's postingannya brad,,,
    sangat membantu buat kami sebagai referensi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama- sama. Mari membangun pemuda melalui karang taruna. Jika ada pertanyaan atau kendala karang taruna bisa share disini.
      Salam Pemuda

      Hapus
    2. Mau nanyaa apakah karang taruna itu di suatu desa hanya bisa satuu

      Hapus
    3. Jumlah Karang taruna ringkat Desa itu hanya satu, sedangkan karang taruna dibawahnya yaitu karang taruna tingkat RW atau RT boleh lebih dari satu tergantung jumlah RT atau RW yang ada di Desa Tersebut.

      Hapus
    4. selamat siang , mas saya sedang on progress pembntukan karang taruna tapi saya untuk di tingkat RW . untuk pengajuan nya saya harus melakukan apa ? . apa harus ada tembusan ke karang taruan tingkat desa ? . dan mengenai jumlah karang taruna yang mas sebutkan itu , apa ada dicantumkan di permensos 77/HUK/2010 ??

      Hapus
    5. Secara hirarki karang taruna RT atau RW dibawah karang taruna desa. Akan lebih baiknya jika karang taruna desa sudah berdiri ada dibentuk bersama dengan kartar desa dan perangkat desa. Klu kartar desa belum ada kartar RW bisa dibentuk bersama atau dengan persetujuan perangkat desa. Secara administrasi sK n ADART cukup disahkan oleh Kades n ketua RW

      Hapus
  2. Saya ingin minta solusi, kebetulan sy ad pembina remaja sy ingin membntuk remaja tingkat rw supy mnjd kgiatan yg pstf untuk rmj, tp kndalanya adlh susah untuk membujuk remaja agar ikut brgbung lalu bgaimana cranya spya remaja mau brgabung dn mmbuat suatu kegiatan yg tdk mmbosankan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore. Sebelumnya terimakasih telah berkomentar di blog KarTar Ristansari. Terkait dengan kendala pemuda atau remaja yang susah diajak itu sudah menjadi hal yang lumrah bahkan hampir terjadi disemua tempat. Faktnya bahkan setelah organisasi berdiri pun tetap masih ada kendala seperti itu. Tapi tidak masalah, justru itulah tugas kita. Baik terkait dengan kendala tersebut kami hanya sifatnya sharing ya. Pertama yang perlu dilakukan adalah menjadi penting acara atau kegiatan tersebut. Jika sesutu dianggap penting maka orang akan meluangkan waktu, jika biasa baisa saja ya mungkin akan di cukein. Nah jika ingin mendirikan karang taruna atau gerakan atau komunitas atau gerakan pastikan itu kegaitan yang memiliki nilai tawar. Kedua, ajaklah orang - orang yang memiliki power/ masa/ jagoan/ panutan/ tokoh dilingkugan tersebut. Komunikasikan dengan orang2 terebut tentang tujuan dan misi baik kalian. Mereka punya masa dan orang yang didengar. Selanjutnya undanganlah semua orang dengan undangan resmi dan formil baik oleh kalian maupun oleh orang yang memiliki power tadi. Surat undangan bisa di tanda tangani oleh tim panitia/ formatru, lalu sebarkan kepada semua pemdua tanpa terkecuali. Dengan cara ini berarati kita telah menghargai semua orang baik yang sudah senior ataupun yang masih baru. Ketiga, adakan acara pembentukan yang bersifat formil dengan menghadirkan tokoh, RT, RW, bila perlu perangkat untuk membentuk KarTar/ komunitas tadi. Bentuklah pengurus secara musyawarah untuk menentukan pemimpin yang berkualtias, bukan melalui voting semata. Keempat, jika tidak ada yang datang atau yang datang hanya sedikit tak perlu patah arang karena sebenarnya pada intinya memang penggerak itu faktnya jumlahanya tidak banyak 3 atau hanya 5 pun sebenarnya sudah lebih dari cukup menggertak satu Desa. Berapapun orangnya terus lah dirapakan, bentuk secara formil sebagai kekuatan kalian, sahkan SK dan ADART lalu kerjakan program apapun yang terjadi. Lama - lama kelamaan orang akan melihat dan bangga dengan kerja kalian dan alhasil kalian jadi kebanggan. Lebih lama lagi kegaitan akan lebih menarik dan orang juga akan tertarik. Dalam kegiatian tertentu mungkin hanya orang2 itu saja yang ada, tapi pas acara besar semua ikut datang dan perpartisipasi, hal ini menunjukan sebanarnya mereka juga respect kok cuma belum atau pemikiran belum sampai untuk memikirkan hal seperti itu.
      Satu lagi, pastikan publikasikan acara pertemuan kalian jauh -jauh hari dengan tampilan yang menarik misal. "Pembentukan Karang Taruna RW .... menghadirkan Kepala Desa ...." saatnya kamu yang terpilih. Semuanya hanya saran dan sebagaian kami referensikan dari pengalaman kami. Semoga membantu. Salam pemuda penerus cita - cita bangsa

      Hapus
  3. Sangat membantu
    DI Sini kmi juga ingin membentuk
    Ikatan Pemuda pecinta lingkungan
    Kmi merekrut pemuda satu kmpung
    Dgn di mulainya greup WA
    Nah GI Mana cara untuk me motipasi meraka semakin tertarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Undang secara formil setiap elemen pemuda yang akan direkrut. Melalui undangan tersebut mereka akan merasa ada urgensi dan merasa penting untuk hadir. Sedagnkan kegiatan dalam karang taruna sebenarnya sangat banyak dan dapat disesuaikan dengan kearifan lokal yang ada baik ke arah kewirausahaan, pariwisata, agama, pengaulan bencana, dan pertanian. Bisa lihat di proker dan agenda kami di blog ini. Kami selalu berusaha mengabadikan foto dan video yang kami upload di blog, sosmed, dan youtube sebagai apresiasi mereka dan dokumentasi abadi. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri karena foto / video mereka muncul di internet. hal ini juga memicu untuk aktif di karang taruna. Adakan kegiatan secara rutin tidak cuma rapat, kami ada edukasi untuk mengisi kegaitan pada kumpulan rutin dan kaderisasi melalui pelatihan menjadi MC, doa, moderator, dan sambutan, serta kepanitiaan kegaitan yang diganti - ganti agar setiap anggota mendapatkan giliran belajar bertangungjawab dan memicu jiwa kepemimpinan

      Hapus
    2. Mau tanya kalau kepala desanya tidak berkehendak membangun kartar apakah kita sah berjalan tanpa SK,,,?

      Hapus
  4. Mas/Mbak, ada email yang bisa dihubungi kah? Buat diskusi lebih lanjut hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Email kami ristansari@gmail.com. Email dan sosmed juga telah kami sertakan di laman kontak

      Hapus
    2. Jika ingin menghubungi kami dapat kontak kami melalui email, formulir email di kontak, atau WA kami

      Hapus
  5. ass..
    mohon maaf sebelumnya ,saya mau nanya tentang ketua pemuda/ karang taruna kami sudah lama fakum sekitar 10tahun. dan sekarang masih organisasi yang lama..
    kami beserta pemuda/pemudi Baringin kel.balai gadang (PADANG)
    Ingin menganti ketua pemuda baru, sedangkan lurah kami mengatakan "bisakah pemuda/pemudi untuk membuat surat pengantian ketua pemuda, nanti kami proses.." kata pak lurah.
    sedangkan kami masih belum paham langkah"nya dan sekarang kami disuruh buat surat ajuannya kelurah..
    bisakah bpk/i dapat mengajarkan kami selaku perwakilan Pemuda/pemudi di kampung.


    yumanhendra01@gmail.com
    WA: 081261488921

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih telah menghubungi kami. Terkait dengan pembentukan karang taruna yang baru, bisa tetap menggunakan nama karang taruna yang lama dan bisa membuat nama yang baru. Kalau kami lihat karang taruna sudah fakum selama 10 tahun, sedangkan menurut Pedoman Dasar Karang Taruna (klik : http://ristansari.blogspot.co.id/2017/01/pedoman-dasar-karang-taruna.html) masa bakti karang taruna desa hanya berlaku 3 tahun. Bisa dibaca / download PEDOMAN DASAR KARANG TARUNA

      Secara konkrit yang dapat dilakukan pemuda yaitu: Membentuk tim formatur yaitu tim pembentukan karang taruna. Tim formatur ini terdiri dari pemuda, perangkat desa, dan tokoh masyarkat.

      Setelah pembentukan tim formatur selesai maka silahkan sebarkan undangan kepada seluruh pemuda di Desa Balai Gadang untuk hadir pada rapat pembentukan karang taruna. Pada pembentukan karang taruna ini bisa membahas pemilihan pengurus karang taruna (ketua, wakil, sekretaris, bendahara, dan bidang - bidang/ sie) dan juga pembentukan nama karang taruna. Silahkan baca teks moderator pemilihan pengurus karang taruna : http://ristansari.blogspot.co.id/2014/10/susunan-acara-moderator.html dan baca juga ulasan pembentukan karang taruna Desa Blagung : http://ristansari.blogspot.co.id/2016/11/pembentukan-karang-taruna-desa-blagung.html
      Setelah semua pengurus terpilih maka tinggal tahap selanjutnya yakni menyiapkan segala administrasi yang diperlukan terutama SK dan ADART sebagai legalitas bahwa karang taruna yang telah dirapatkan ini sah secara hukum dengan deketahui / ditandatangi oleh kepala desa setempat. Sedangkan administrasi lain silahkan disesuaikan sesuai kebutuhan seperti proker, presensi, susunan pengurus, sekretariat, tugas dan fungsi pegurus, dan lain - lain.
      Semua yang kami utarakan adalah menurut hemat dan pengalaman kami saja, mudah- mudahan dapat menajadi pandangan - Karang Taruna Ristansari

      Hapus
    2. Ad/art nya bikin baru apa memakai ad/art lama

      Hapus
  6. untuk nama karang taruna tingkat dusun apakah boleh berbeda dengan nama karang taruna di desa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada ketentuan khusus dalam Pedoman Dasar Karang Taruna terkait nama karang taruna Dusun, jadi nama karang taruna desa dan dusun tidak harus sama. Seperti halnya di Desa Blagung, Karang Taruna Desa bernama Perkab sedangkan di RT kami bernama Ristansari

      Hapus
    2. Maaf mas aku mau tanya..buat syarat2 d atas sudah terpenuhi..cara pembentukan karang taruna..cma ada stu kendala..d SK..jika kpala desa tidak mau tanda tangan..apakah kartar tingkat desa itu sah..sbagai kartar desa

      Hapus
    3. Apabila tidak ada tanda tangan dari kelapa desa setempat maka secara hukum KarTar tersebut tidak sah. Akan tetapi meskipun begitu gak perlu jadi soal. Dengan kesepatakan bersama maka anggap saja karang taruan sudah berdiri, yang terpening segera bisa menjalankan program kerja sebagai wadah aspirasi, peningkatan potenis, dan mengembangkan kepemudaan. Sedangkan SK hanya pengesahan.

      Hapus
  7. Ass,
    Mohon bimbingannya, untuk proses pengajuan SK karang taruna tingkat RW ke kelurahan apa saja yg harus di butuhkan utuk dokumen pengesahan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam

      Terkait dengan SK, SK bisa dibuat oleh pihak Desa atau Pihak Karang Taruna. Untuk lebih mudahnya SK bisa dibuat dari pihak karang taruna lalu tinggal minta tanda tangan dan cap sebagai pengesahan dari Desa. Sebelum diajukan lebih pantasnya SK tersebut ditanda tangi oleh ketua terpilih dan pihak RW setempat terlebih dahulu.

      Kelengkapan yang lain sebagai pendung untuk pengajuan SK antara lain yaitu Berita Acara Pemilihan Pengurus Karang Taruna, Struktur organisasi, dan ADART. Nah disini ADART juga bisa sekaligus minta tanda tangan ke pihak Desa.

      Administrasi ini bersifat flexibel. Kalau dari pihak Desa tidak meminta cukup SK dan ADART yang diajukan pun tidak masalah.

      Hapus
  8. Apakah mendirikan KarTar tingkat RT harus minta izin kepada ketua KarTar tingkat kabupaten
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karang Taruna secara hirarki ada dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa. oleh karena itu, karang taruna tingat RT atau RW cukup disahkan oleh kepala desa setempat, karena sudah menjadi cakupan karang taruna desa. Kami rasa tidak perlu pengesahan di tingkat kecamatan atau kabupaten atau tingkat diatasnya.

      Hapus
  9. makasih atas infonya... ini sangat bermanfaat sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama Gan. Semoga membantu karang taruna yang lain dalam mendirikan karang taruna

      Hapus
  10. selamat siang mas,, saya mau bertanya,, kalok misal kinerja karang taruna tidak sesuai dengan hak tanggung jawab dan kewajiban , kita melaporkannya kemana
    ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karang Taruna merupakan suatu organisasi, oleh karenanya KarTar memiliki struktur organisasi/ pengurus. Maka, jika terjadi kendala dalam menjalankan roda organisasi dapat disampaikan kepada Pembina. Apabila Pembina tidak mampu mengatasi maka dapat dilimpahkan ke Penanggungjawab. Atau bisa pula dari tiga element yakni Anggota Kartar, Pembina, dan Penanggungjawab duduk bersama untuk menyelesaikan persoalan secara bersama - sama

      Hapus
  11. Mohon izin bertanya,di lingkungan saya periode sekarang sudah di bentuk karang taruna yg baru..yg jadi pertanyaan langkah pertama yg terstruktur menurut Sk dan Ad-art Karang Taruna itu bagaimana?,mohon penjelasannya,Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah struktur organisasi dibentuk, maka dapat disahkan dengan SK dengan mengetahui kepala desa setempat. Lalu karang taruna dapat menentukan program kerja, melengkapi administrasi, dan melaksanakan program kerja. Sedangkan ADARRT berisi berbagai aturan organisasi secara garis besar. Untuk mengetahui lebih lanjut apa sajakah yang terdapat dalam ADART silahkan mencoba melihat contoh ADART kami, KarTar Ristansari sebagai acuan.

      Hapus
  12. Assalamualaikum..salam remaja
    Hmmmm saya bergabung dalam karang taruna tingkat RW saya masih bingung tentang dana yg di berikan pemerintah untuk karang taruna, ada yg bilang di berikan 3.bulan sekali senilai 15jt(harus membuat acara supaya bisa di ajukan) nah kebenarannya untuk dana yg di berikam pemerintah untuk karang taruna tingkat RW berapa kah nominal yg di berikan.. Mohon maaf san terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikusalam. Salam Aditya Karya Mahatva Yodha
      Karang Taruna sebagai salah satu lembaga kemasyarkatan yang legal, bahkan menjadi salah satu program pemerintah memang mendapatkan alokasi dana seperti yang tercantum dalam APBDes. Yang perlu jadi perhatian adalah bahwa alokasi dana untuk karang taruna setiap desa itu berbeda - beda. Dana tersebut dialokasikan untuk karang taruna tingkat desa, jadi karang taruna dibawah seperti tingkat RW/ RT bisa memastikan apakah memang mendapatkan alokasi secara khsuus atau tidaknya.
      Penggaran diajukan setahun sekali. Untuk nilai tawarnya, karang taruna bisa ikut Musrengbangdes sehingga bisa minta anggaran sesuai dengan kebutuhanya.
      Untuk karang taruna ditempat masing - masing, silahkan tanyakan nominalnya secara pasti kepada pihak desa. karena ada yang dianggarkan sekitar 3 juta, ada yang 10 juta, bahkan katanya ada yang diatas 10 juta per desa

      Hapus
  13. Assamualaikum admin...
    Jika ingin memberikan bantuan kepada karang taruna menggunakan dana desa apa saja syarat pengajuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam. Alokasi dana untuk karang taruna maupun organisasi kemasyarakatan lain tentu lebih luwes. Dalam arti jika dana dari desa maka harus berdasarkan rencana anggaran biaya (RAB) atau semacamnya yang biasanya sudah dianggarkan dari desa. Apabila belum dianggarkan maka dapat RAB tersebut dapat dimintakan dari karang taruna yang bersangkutan atau dirembuk bersama. Setelah adanya RAB lalu dimasukan dalam APBBes, baru selelah itu KarTar mendapatkan alokasi dana tersebut. Misal ingin memberikan secara langsung misal dari peroragan atau instansi tentu tidak ada syarat khsusus. Alokasi dana bisa untuk kebutuhan organisasi seperti keperluan administrasi, atribut, seragam, bendera, dan pendanaan program kerja.

      Hapus
  14. Assalamualaikum Admin. jadi gini, di lingkungan RW saya sedang ingin dibentuk struktur Karang taruna RW dan akan dilakukan voting untuk pemilihan ketua. pertanyaannya apakah boleh warga beda RW (masih satu kelurahan) untuk mencalonkan/menjadi ketua Karang taruna RW terkait?
    Misal; warga RW 06 kel. jatirangga ingin mencalonkan/menjadi Ketua Karang Taruna RW 02 kel. Jatirangga. mohon pencerahannya min, terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikum salam Sdr. Rachmat Hidayat. Perlu kami sampaikan dulu dalam asas pemilihan ketua karang taruna alakah lebih baiknya jika diadakan musyawarah untuk mufakat. Perlu dipahami bahwa itulah azas yang harus kita pahami, sedangkan azas itu sudah luntur dan digantikan dengan voting. Voting baru bisa dilakukan setelah tidak tercapainya musyawarah untuk mufakat.

      Untuk pelaksanaan pemilihan ketua dan pengurus karang taruna silahkan lihat susunan acara pemilihan pengurus karang taruna.

      Lalu tentang keikutsertaan warga RW lain dalam Warga RW tertentu ada dua pertimbangan versi kami

      1. Pengurus karang taruna adalah warga yang berada pada lokasi tersebut
      2. Jika ada pihak dari luar RW, maka harus ada perjanjian bahwa setelah terpilih akan pindah ke RW tersebut

      Faktor wilayah menjadi sangat penting karena yang bersangkutan akan mengurus karang taruna tertentu yang berkedudukan diwilayah tertentu. Terlebih yang dikembangkan adalah SDM dalam wilayah tersebut, bukan semata - mata untuk menjalankan roda organisasi, tetapi bagaimana pemuda dilokasi tersebut bisa berdaya dengan potensinya sendiri.

      Hapus
  15. Pak gimana caranya karang taruna bisa bekerjasama dengan salah satu perusahaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agar bisa bekerjasama dengan perusahaan, dinas, atau pihak terkait maka Karang Taruna dapat mengajukan semacam proposal. Proposal tersebut dapat berupa program kerja atau kegiatan baik yang akan dikerjakan atau memang yang salam ini sudah berjalan. Utamakan membidik pihak - pihak yang ada di daerah sekitar misal masih 1 desa, 1 kecamatan, atau kabupaten. Terlebih memang dari perusahaan punya program corporate social responsibility (CSR), program sponshorship, dan lain sebagainya.

      Hapus
  16. Sya mau nyalonin jdi ketua karang taruna .. Di daerah orng apa harus tinggal 1 tahun dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa tinggal sebagai calon ketua karang taruna belum pernah kami dengar sebelumnya. Akan tetapi dalam perekrutan perangkat desa yang diatur dalam perda menyebutkan kalau sudah menjadi perangkat desa di desa tertentu maka yang bersangkutan harus tinggal di desa tersebut.
      Kami rasa, jika memang belum ada aturan yang serupa, musyawarah untuk mufakat perlu dilakukan oleh tim pelaksana pemilihan untuk memutuskan keputusan tersebut agar tidak dipermasalahkan dikemudian hari

      Hapus
  17. Bpk sy ingin bertanya desa sy terdiri dr 5 RT Tp 3 Rt diutara dan yg 2Rt di selatan kami terpisah oleh jalan raya jurusan sby dan terpisah oleh jln rel kereta api di 3Rt tersebut sdh terdiri karang taruna. Pertanyaan sy apakah boleh kami yg 2rt mendirikan karang taruna sndiri? agar kami mudah untuk mengkoordinir teman2 dan mengadakan kegiatan di desa kami Karena kami merasa teringgal oleh desa yg lain dan mohon bantuan bagaimana caranya kami bisa mendirikan karang taruna di 2rt tersebut. Trmksh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara hirarki karang taruna itu tersusun dari Pusat, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa. Tatarn terkecil adalah wilayah Desa. Akan tetapi mengingat adanya sejumlah desa yang besar maka ada karang taruna dibawah desa yang dibentuk oleh kesadaran masyarakat yakni karang taruna tingkat RW dan Karang Taruna tingkat RT, dan ada pula karang taruna tingkat dusun. Menyikapi situasi diatas maka melihat situasi sosial diatas kami rasa boleh, dengan catatan bahwa harus ada kesepakatan dari pihak RW dan desa berwenang bahwa akan ada karang taruna tingkat RT yang akan dibentuk.

      Hapus
  18. Maaf says mw brtnya,.
    Dikmpung says ssh berdiri paguyuban Dr tahun 98 smpe skrg mash aktif. Says bermksd melegalkn paguyuban ini. Mohon bntuan tipsnya. Paling tidak tngkat desa Dan kecamatan tahu keberadaan paguyuban kita ini. Trima ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bentuk organisasi tersebut merupakan salah satu organisasi kelembagaan desa maka dapat disahkan oleh pihak desa. Akan tetapi jika menghendaki bentuk lain diluar lembaga desa yang sudah ada maka dapat mengajukan izin keorganisasian (berserikat) yang disahkan oleh notaris

      Hapus
  19. Maaf gan. Mao tanya mengapa karang taruna membentuk klompok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karang taruna merupakan organisasi legal yang telah diatur oleh Kemensos NOMOR:77/HUK/2010 dalam "Pedoman Dasar Karang Taruna". Tidak ubahnya seperti organisasi kemasyrakatan lain, maka karang taruna dibentuk secara terstruktur sehingga memiliki pengurus yang disahkan dalam sahkan dalam surat keputusan oleh desa setempat

      Hapus
  20. Saya ingin bertanya terkait prosedur pengajuan AD ART ke kelurahan. Kami karang taruna RT ingin membuat AD ART sampai ke kelurahan. Bagaimana prosedur langkahnya? Dan apabila AD ART yg kami buat sampai ke kelurahan tidak diterima karena kami hanya karang taruna RT. Apakah karang taruna RT juga harus membuat AD ART ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengajuan SK dan ADART ke desa maka karang taruna dapat membuat terlebih dahulu lalu ditandatanganni oleh kepala desa. Apabila dari Desa memiliki kebijakan tertentu, maka SK dan ADART cukup disahkan oleh ketua RT setempat.

      Hapus
  21. Saya ingin bertanya
    Apa saja syarat dalam pembentukan
    Karang taruna
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti yang telah ditulis dalam artikel diatas. Kalau bisa karang taruna memenuhi beberapa point diatas. Secara garis besarnya syaratnya adalah pengurus, SK, dan ADART.

      Hapus
  22. Bolehkah karang taruna beranggotakan dari desa lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami rasa kurang tepat, karena cakupan karang taruna adalah kewilayahan yang mana nantinya akan ditetapkan dalam SK oleh kepala Desa setempat. Lalu, akan lebih baik jika anggota karang taruna adalah dari warga setempat. Kecuali jika dari calon anggota tersebut bersedia tinggal di desa yang maksud

      Hapus
  23. Ass.. Mau nanya nih soal taruna.. Misal nih dalam satu desa ada beberapa dusun akan tetapi muda mudi nya tidak mau gabung atau bersatu.. Bisa kah karang taruna nya didirikan lebih dari satu dalam 1 desa.. Ataukah ada pasal2 yang harus di jalankan.. Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karang taruna secara hirarki ada mulai dari pusat, provinsi, kecamatan, dan desa. Jadi secara resminya, cuma ada satu karang taruna tingkat desa. Akan tetapi apabila suatu desa dengan jumlah RT atau RW yang banyak menurut kami boleh mendirikan karang taruna tingkat RT atau karang taruna tingkat RW dengan catatan tetap ada karang taruna tingkat desa. Jadi karang taruna desa membawahi beberapa karang taruna tingkat dibawahnya.
      Begitu pula dengan karang taruna Ristansari ini, yang merupakan karang taruna tingkat RT. Semoga membantu

      Hapus
  24. Mohon maaf kak. Disini saya cuma mau tanya dan semoga Kakak bisa membantu. Jadi gini kak saya punya keinginan membentuk kartar tingkat RT tapi saya masih bingung dengan apa yang harus saya lakukan, saya sama sekali tidak tau saya harus kemana. Apa hanya ijin ke RT saja atau ada perangkat desa yang lainnya lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal dari Karang Taruna Ristansari. Pembentukan karang taruan langkah demi langkah silahkan ikuti tata cara pada artikel diatas. Lalu untuk pembentuka karang taruna tingkat RT harus ada izin dari kepala RT setempat.
      Secara formalnay memang ada izin dari kepala desa setempat, akan tetapi jika tidak memungkinkan tidak apa-apa. Yang terpenting karang taruna tingkat RT bisa bergerak lebih dulu

      Hapus
  25. asalamualaikum wr wb
    salam pemuda
    kami dari ketua karang taruna tingkat rt .mau ingin ada pecerahan dan langkah langkahnya .
    1.apakah karang taruna rt itu bisa mempuyai sk dari kabupaten
    2.seperti apakah langkah-langkah membuat sk karang taruna rt ke kabupaten
    3.seperti apakah pengajuan dana karang taruna tingkat rt ke ds, dan piahak lain untuk pengembangan perekonomian ke pemudaan daerah setempat dan langkah langkanya
    4.dan bagai mana caranya pengembangan yang kami sekarang keloala dalam bidang wisata curug gunung karang bisa ,exsis di kabupaten atas nama karang taruna setempat

    mohon bpk,dan ibu untuk pecerahan dan langkah langkanya supaya pemuda karang taruna kami bisa berkembang dn berkreasi untuk anak cucu kita

    terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam wr wb
      1. Setahu kami SK karang taruna desa cukup disahkan dari pihak desa setempat. Sedangkan karang taruna RT sebenarnya berada dibawah naugan karang taruna Desa. Tapi kami rasa SK karang taruna RT disahkan oleh ketua RT atau oleh kepala desa sudah cukup kuat.
      2. Pembuatan SK karang taruna bisa dibuat sendiri lalu bisa disahkan oleh pejabat yang berwenang, misal kepala desa
      3. Pemerintah Desa sudah punya alokasi dana untuk karang taruna Desa. Apabila desa tidak punya karang taruna desa maka karang taruna RT juga berhak mengakses dana tersebut, karena notabene karang taruna RT juga bagian dari karang taruna desa. Apabila karang taruna desa sudah berediri, kartar RT dapat berkonsolidasi terkait alokasi dana ke kartar RT
      4. Karang taruna dapat mengajukan ke dinas Pemuda dan Olah raga atau dinas Disporapar dan bahkan dinas lain yang terkait dengan aspek pengembangan lokasi tersebut. Biasanya diajukan dalam bentuk proposal ke dinas yang terkait.

      Hapus
  26. Mas mau tanya apa boleh karang taruna mengadakan simpan pinjam buat masyarakat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja boleh. Ada banyak sekali program kerja (proker) yang dapat dikerjakan oleh karang taruna. Pertama pastikan setiap proker sesuai dengan pedoman dasar karang taruna dan dipastikan setiap proker berdasarkan musyawarah untuk mufakat anggota. Dengan demikian akah lahir proker - poker yang mampu mensejahterakan masyarkat khusunya pemuda

      Hapus
  27. Gan, saya boleh minta contoh pengajuan sk untuk karang taruna, kebetulan didesa saya disuruh membuat karang taruna oleh kepala desanya.. dan saya juga masih bingung, untuk adart itu kita dapat dsri desa atau kita yang membuat sendiri? Terimakasih mohon dibantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. SK dikeluarkan oleh Desa setempat. Namun apabila pihak desa tidak memiliki formatnya, dari karang taruna bisa membuatkan dan nanti baik SK ditandatangani atau disahkan oleh Kepala Desa. Karang Taruna bisa buat ADART dulu, nanti setelah disetujui lalu diketahui (ditandatangani) Kepada Desa setempat

      Hapus
  28. Tadi di sebutkan SK bisa di buat sendiri dan di tanda tangani oleh ketua RT atau kepala desa,di tempat saya tidak ada ketua RT tapi hanya pamong trus gmn gan,,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. SK dapat disahkan oleh Ketua RT setempat atau Kepala Desa setempat. Apabila tidak ada ketua RT atau Kepala Desa, PJ yang sekarang menggantikan dapat menggantikan mengesahkan SK tersebut. sedang pamung yang tidak berlaku sebagai PJ, tidak sah.

      Hapus
  29. Asalamualaikum ..mau tanya mas,,untuk melagalkan karang taruna tingkat Rt ke notaris,,bagaimana langkah langkahnya mas,,trmksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam. Pengesahan karang taruna tidak perlu sampai notaris, namun cukup sampai RT atau kepala desa setempat. Hal in karena karang taruna dinaungi oleh pemerintah langsung dalam hal ini Kemensos (bukan swasta)

      Hapus
  30. Mau nanya mas dari kartar desa juma tombak(Sumut/Deli Serdang),bah kartar d desa sudah terbentuk tinggal menunggu sk dari kades,pert,sy selaku pengurus bingung bagaimana caranya mendapatkan dana buat penyediaan kelengkapan administrasi kartar sort,baju,panji,plank dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karang Taruna adalah program wajib pemerintah. Dimana di setiap satu desa minimal harus ada satu karang taruna dan secara hukum karang taruna dinaungi oleh kemensos. Dengan demikian pihak desa wajib menganggarkan dana untuk karang taruna terutama karang taruna yang sudah terbentuk.

      Silahkan ikut dalam rapat Musrengbangdes atau RPJMDes dan mengajukan sejumlah anggaran sesuai kebutuhan karang taruna

      Hapus
  31. Saya mau nanya. Kalo mau melengserkan ketua karang taruna seperti apa yah.karna sudah habis masa jabatannya. Dan dia sebagai ketua tidak aktif dalam bidang sosial keagamaan dan yg lain2 . Hanya aktif di usaha untuk pribadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karang Taruna seyogyanya memiliki SK dan ADART. Dalam SK atau ADART tersebut sudah tertuang masa jabatan pengurus. Bertolak dari dasar tersebut maka apabila dibentuk pengurus yang baru maka sudah sah karena memang masa jabatannya sudah berakhir.

      Selanjutnya dari anggota yang ada, silahkan menghubungi Ketua RT atau Kepala Desa setempat untuk segera dibentuk pengurus yang baru.

      Hapus
  32. Assalamu'alaikum
    Diaini saya ingin bertanya
    Bagai mana cara nya membuat suatu kartar ini di tingkt rw mempunyai daya tarik teraendir di setiap pertmuan karena disni saya kendala nya susah untuk mengajak merka" Untuk ngumpul pdhl di undangan sift nya udah penting.. Tp tetp daya tarik merka kurang lngka apa yg harus saya tekan kan di setiap pertmuan agar meraka tertarik trimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jantung dari sebuah organisasi adalah kegiatan, jika ada kegiatan maka organisasi itu hidup. Di tempat kami pada saat pertemuan rutin kami sisipkan agenda "edukasi". Edukasi ini dapat berupa materi keorganisasian hingga materi umum. Dengan demikian setiap pertemuan bisa membawa oleh-oleh pengetahuan tambahan. Selain itu perlu adanya suatu proker yang disarikan dari kebutuhan pemuda setempat

      Hapus
  33. Assalamualaikum
    Sya Ingin bertanya dusun kami "barat lorong" nama yg bagus buat karang taruna dusun kami spt ap ya?
    Trimaksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karang Taruna Barong (Barat Lorong) boleh itu Gan. Keren kayaknya

      Hapus
  34. Bismillah, Kkk mau Bertnyaa Kalau prosedur pembentukan Karang taruna Itu Bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan ikuti langkah - langkah diatas satu persatu Kakak

      Hapus
    2. Silahkan ikuti langkah - langkah diatas satu persatu Kakak

      Hapus
  35. Izin bertanya.

    Priodisasi kepengurusan kami sbgy pengurus kartar desa sudah habis. Siapa/pihak mana yg melakukan rekrutmen untk kepengurusan berikutnya?? Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karang taruna disahkan oleh Desa, oleh karena itu, pihak desa lah yang berhak membentuk atau mengganti pengurus yang lama dengan pengurus yang baru sesuai dengan masa akhir jabatan pengurus yang lama.

      Hapus
  36. Izin bertanya kak, disini saya ingin membentuk karang taruna karena di desa saya belum ada sama sekali karang taruna jadi saya berniat untuk membentuknya tapi saya bingung dan tidak tau apa yang harus dilakukan, dan juga saya takut nanti tidak ada yang mendukung saya. Mohon pencerahannya kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika suatu desa belum ada karang taruna, maka pemuda setempat bisa berdikusi dengan kepala desa agar desa tersebut dibentuk karang taruna. Setelah itu, undangan kepada pemuda di desa dapat disebar dan dibentuklah karang taruna sebagaimana langkah - langkah diatas

      Hapus
  37. Boleh minta cotoh file proposal pengajuan dana CSR atau pengajuan bantuan kepada dinas terkait kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berikut contoh proposal yang bisa diajukan ke dinas proposal dinas

      Hapus
  38. mohon pencerahannya, apakah untuk mendirikan KARTAR harus mempunyai:
    1. nota kesamapahaman
    2. rekomendasi pendirian yang di sahkan kepala desa

    atau langsung mengajukan pengesahan dan ADART, STRUKTUR PENGURUS dan PROKER?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nota kesepahaman (MoU) saya rasa tidak diperlukan. Namun yang diperlukan adalah SK dan ADART yang disahkan oleh kepada desa yang bersangkutan. Sedangkan untuk proker bisa dibacarakan dengan pengurus yang baru setelah SK keluar

      Hapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum wr. Wb
    Mau tanya untuk membentuk karang taruna tingkat rt apakah harus ada sk dari desa dan karangtaruna desa

    Sedangkan selama ini pembentukan karang taruna desa kampung kami tidak di ikut sertakan dalam struktur karang taruna desa makanya kami ingin membentuk karangtaruna rt

    Soalnya pengjuan pembuatan SK dari desa kami di tolak oleh kepala desa dan harus masuk sub karang taruna desa sedangkan kami sudah membuat struktur dan ad/art karang taruna rt

    Mohon penjelasanya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika menjadi/ masuk sub karang taruna desa saya rasa sangat tepat, dengan demikian Karang taruna tingkat RT tetap bisa berdiri dan akhirnya menjadi bagian dari karang taruna desa. Pembentukan karang taruna tingkat RT bisa sahkan oleh ketua RT dan mengetahui kepala desa yang bersangkutan.

      Hapus
  41. Saya mau tanya, saya sedang mengajukan proposal permohonan SK karang taruna tingkat RW.. tapi ditolak oleh kepala desa dengan alasan SK hanya bisa dikeluarkan untuk kartar tingkat desa saja.
    Bagaimana solusinya mohon balasan.. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak salah memang unit terkecil karang taruna itu di tingkat desa, namun faktanya banyak karang taruna yang lebih kecil lagi yakni tingkat RT, tingkat dusun, tingkat RW, dan lain - lain. Hal ini karena faktor social budaya dari masing - masing desa berbeda - beda. Misal untuk desa yang besar, karang taruna tingkat RT lebih dibutuhkan, sedangkan karang taruna tingkat desa cukup jauh menyentuh masyarkat atau faktor lain. Disini cukup jelas bahwa karang taruna tingkat lebih kecil punya porsi tersendiri. Jika tidak disahkan oleh kepala desa, maka SK bisa disahkan oleh ketua RW. Jika ketua RW tidak berkenan, maka bisa mendirikan organisasi kepemudaan lain seperti Taruna Tani, Pokdarwis, dan lain - lain yang juga bisa dilegalkan oleh kepala desa.

      Hapus
  42. Kami didesa sudah punya KT
    Tapi kami yg didusun ingin bikin satu perkumpulan pemuda dalam satu wadah, dengan konsep tidak menjadi bagian dr KT itu. Apakah bisa kami disahkan oleh kepala desa sbgai satu wadah diluar dr KT ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada umumnya ada karang taruna yang berdiri di tingkat RT atau RW. Hal ini sebenarnya wajar. Apalagi mengingat desa dengan ukuran yang besar. Apabila mau di dirikan karang taruna tingkat dusun atau RT gak masalah tentunya. Apabila pemuda di tingkat RT tersebut tidak membentuk karang taruna, namun dengan nama lain tentu juga tidak masalah karena ada banyak organisasi kepemudaan lain di luar karang taruna seperti Pokdarwis, Taruna Tani, dan lain - lain. Namun tentunya organisasi tersebut bisa disahkan tentu tidak dengan SK karang taruna, namun dengan SK lain yang sesuai.

      Hapus
  43. Anda pencinta permainan poker?

    Mau bonus rollingan harian dan mingguan?

    Mari join bersama kami di Pokervita

    Info hub
    WA:0812 2222 996

    BalasHapus
  44. MPOKTOTO - SITUS MAIN GAME ONLINE TERBESAR DI INDONESIA HANYA DENGAN 1 USER ID SUDAH BISA BERMAIN SEMUA GAME.

    PERMAINAN YANG KAMI SEDIAKAN :
    ♥ SPORTSBOOK
    ♥ DINGDONG
    ♥ TEMBAK IKAN
    ♥ TOGEL
    ♥ LIVE CASINO
    ♥ SLOT ONLINE ♥DAN PERMAINAN JUDI ONLINE LAINNYA

    Untuk Bonus Menariknya BOSKU Dibawah Ini :

    Min Depo 15.000 / Wd 50.000.
    - Bonus New Member Slot 100%
    - Bonus New Member Togel 100%
    - Bonus New Member Tembak Ikan 100%
    - Bonus New Member Casino 100%
    - Bonus Harian 10%
    - Bonus Cashback (Casino & Slot) 5%
    - Bonus Referral 2%

    Kami menyediakan Deposit melalui :
    ♥ BCA
    ♥ MANDIRI
    ♥ BNI
    ♥ BRI

    Selain Bank Kami juga Menyediakan Deposit Melalui :
    ♥ DANA
    ♥ OVO
    ♥ GOPAY
    ♥ LinkAja
    ♥ TELKOMSEL

    Untuk Info Lebih lanjut Hubungi kami di:
    mpoktoto | | mpok toto
    Website : https://143.244.128.117/
    Linktree : https://linktr.ee/mpoktoto
    WA : +85578364690

    BalasHapus
  45. MPOKTOTO, AGEN JUDI | CASINO TERBAIK & TERPERCAYA DENGAN PERMAINAN LENGKAP :

    ▶️TOGEL
    ▶️DINGDONG
    ▶️LIVE CASINO
    ▶️TEMBAK IKAN
    ▶️SLOT ONLINE
    ⏯️SPORTSBOOK

    Untuk Bonus Menariknya BOSKU Dibawah Ini :

    Min Depo 15.000 / Wd 50.000.
    - Bonus New Member Slot 100%
    - Bonus New Member Togel 100%
    - Bonus New Member Tembak Ikan 100%
    - Bonus New Member Casino 100%
    - Bonus Harian 10%
    - Bonus Cashback (Casino & Slot) 5%
    - Bonus Referral 2%

    Kami menyediakan Deposit melalui :
    ♥ BCA
    ♥ MANDIRI
    ♥ BNI
    ♥ BRI

    Selain Bank Kami juga Menyediakan Deposit Melalui :
    ♥ DANA
    ♥ OVO
    ♥ GOPAY
    ♥ LinkAja
    ♥ TELKOMSEL

    Untuk Info Lebih lanjut Hubungi kami di:
    mpoktoto | | mpok toto
    Website : https://143.244.128.117/
    Linktree : https://linktr.ee/mpoktoto
    WA : +85578364690

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Apa kata mereka?

Rosidi: Pemuda, Baktimu Kini

"Tidak hanya sebuah gagasan, tetapi bukti" itu lah karang taruna Ristansari. Saya menjadi saksi dimana selama dua tahun ini pem...