17 Agustus 2017

Ristansari: Ternyata Nama Pulau Di Finlandia

Ristansari - Kamu tahu gak sih apa sih arti nama Ristansari? Ternyata Ristansari itu nama pulau lho, yaitu salah satu pulau di Negara Finlandia. Iseng - iseng mencari kata pencarian di Google ternyata nama "Ristansari" muncul di Google Book dengan judul buku "The Soviet Invansion of Finland 1939 - 40" karya Carl Van Dyke. Nhi cek buktinya ya.
Lihat kotak warna merah. Jelas banget kan kalau namanya "Ristansari Island" atau Pulau Ristansari". Yang jadi pertanyaan kok bisa ya namanya sama. Kalau dilihat dari bukunya buku ini diterbitkan tahun 1997 dan di cetak oleh Frank Cass di kota Oxon sono, sedankan menurut sumber peta diatas sudah ada sejak tahun 1939 - 1940 dari sumber Sovetsko-finliandskaia voina. Menurut peta diatas, Ristansari dan pulau lainay Di Finlandia selatan merupakan peta pemboman Pasukan Udara Baltik bulan November 1939 hingga Maret . Ih ngeri ya.

Gak usah bingung ya, mungkin ini hanya kebetulan semata, kalau nama orang saja banyak sama maka nama organisasi pun mungkin juga ada yang nyamain, yang jelas bahwa Ristansari memang adalah Karang Taruna tingkat RT yang berada di Dukuh Tanjungsari RT 13 Blagung Simo Boyolali. Nama Ristansari sendiri entah kapan dan siapa yang mencetuskan kurang paham ya, menurut tokoh pemuda RT 13 yaitu Eko Sulitsiyo Ristansari ada sejak tahun 1993 setelah adanya Karang Taruna Trias Manunggal dan Catur Manunggal di Ngeplang Rya. Lama ya? Ristansari merupakan kepanjangan dari (Remaja Islam Tanjungsari) dalam hal tentu RT 13 ya. 

Masih terbesit, apakah dulu ada orang Ristansari yang ikut perang disana ya he he, terus dinamkanlah pulau itu. Tapi tak mungkin rasanya. Menurut kesimpulan, kedua nama itu tidak singgungan rentan waktu yang terlalu jauh tidak mungkin orang Baltik meniru nama Ristansari dan Karang Taruna Ristansari sendiri juga punya kepanjangan dan makna tersendiri.

Iseng - iseng cari di Google ternyata nama "Ristansari Island" sudah tidak muncul di Google Map mungkin sudah ganti nama kali ya, soalnya waktu itu untuk pemetaan peledakan boom. Nah sekarang Ristansari selain menjadi nama Karang Taruna di RT 13 juga menjadi nama di jalan menuju Kali Cemara yaitu "Jl. Ristansari". Sekali lagi artikel ini hanya untuk pengetahuan ya, bukan referensi.

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Arsip Blog

Apa kata mereka?

Rosidi: Pemuda, Baktimu Kini

"Tidak hanya sebuah gagasan, tetapi bukti" itu lah karang taruna Ristansari. Saya menjadi saksi dimana selama dua tahun ini pem...