17 Juli 2017

Merdi Desa, Syukuran Tanam Padi

Ristansari - Ditengah pesatnya perkembangan teknologi informasi seakan menggeser berbagai tradisi masyakarat. Pada Kamis 13 Juli 2017 warga Tanjung Sari RT 13 masih mengadakan acara Merdi Desa. Merdi Desa merupakan agenda tahunan yang dirayakan dalam rangka memperingati masa tanam petani. Ritual sykuran ini bukan hanya untuk mendoakan agar panenya melimpah, tetapi agar ternak para petani sehat dan subur.

Merdi Desa di Tanjung Sari RT 13 Desa Blagung ini dihadiri oleh seluruh warga baik anak - anak, muda mudi Ristansari, dan para orang tua. Puncak acara Merdi Desa yaitu do'a bersama oleh seluruh warga, dilanjutkan dengan makan bersama dengan penyajian makanan yang tradisionil yakni langsangan berupa sejumlah makanan yang kemas dalam satu wadah pada nampan. 

Kebersamaan dan kekeluargaan juga menjadi rasa tersendiri melalui acara Merdi Desa ini. Warga Desa termasuk remaja masih bisa melihat betapa rukunya warga pada agenda ini. 
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Apa kata mereka?

Rosidi: Pemuda, Baktimu Kini

"Tidak hanya sebuah gagasan, tetapi bukti" itu lah karang taruna Ristansari. Saya menjadi saksi dimana selama dua tahun ini pem...