10 September 2016

Konsep Lomba Karang Taruna Se Desa Blagung


Pemuda sebagai generasi penerus bangsa merupakan aset yang tak ternilai. Demi mengembangkan aset bangsa, mewadahi, dan mengembangkan generasi muda, Kami Panitia lomba karang taruna se Desa Blagung mengadakan lomba karang taruna dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-71. 

Lomba karang taruna se-desa Blagung dilaksanakan perdana pada tahun 2016 ini diharapkan mampu mempersatukan karang taruna, menghidupkan, menggiatkan keorganisasian, merubah stigma, berinovasi, sebagai stimulus, kesempatan belajar, sebagai wadah, silaturohmi, menyalurkan bakat, prestasi dan produk, dan apresiasi terhadap upaya setiap karang taruna dalam mengabdikan diri pada masyarakat dan hari kemerdakaan RI. 

A. Jenis Lomba
Berikut daftar pengajuan jenis lomba karang taruna yang telah diajukan dalam proposal lomba karang taruna se-Desa Blagung

1. Lomba Adminstrasi
Lomba administransi meliputi: Legalitas organisasi (SK dan ADART), daftar presensi, buku kas, surat menyurat, dan berkas lainya yang mendukung administrasi. 

2. Lomba kegiatan karang taruna (proker)
Lomba kegiatan meliputi: kumpulan rutin, kerja bakti, dan lain – lain

3. Produk karang taruna
Lomba produk karang taruna: Produk fisik dan non fisik, kaderisasi anggota, kecakapan anggota dalam rapat, aset karang taruna 

Jenis – jenis lomba bisa di pecah lagi menjadi beberapa item yang lebih rinci jika diperlukan.

B. Prosedur Lomba
Lomba karang taruna dapat diimplementasikan dengan beberapa tahap mulai dari persiapan, pelaksanan, dan penilaian. Jika dijabarkan sebagai beirkut

  1. Pembentukan panitia “Lomba Karang Taruna 2016”.
  2. Panitia menentukan tema “Lomba Karang Taruna 2016”.
  3. Panitia lomba menyerahkan surat undangan dan brosur lomba kepada pihak karang taruna atau ketua RT setempat tentang “Lomba Karang Taruna 2016”.
  4. Karang taruna mendaftar kepada panitia lomba dengan batasan waktu yang telah ditentukan.
  5. Karang taruna melakukan presentasi tentang karang taruna dan pencapaianya dihadapan dewan juri pada jadwal lomba
  6. Dewan juri melakukan pengecekan terhadap realisasi program kerja yang telah disampaikan dalam presentasi
  7. Pengumuman hasil lomba karang taruna beberapa hari setelah lomba diselengarakan (misal bersamaan dengan lomba di Desa Blagung).
Rincian prosedur lomba hanya bersifat saran, sehingga dapat dikurangi atau ditambahkan.

C. Kriteria penilaian lomba
Lomba Karang Taruna dapat melibatkan seluruh karang taruna yang ada di Blagung dengan kriteria penilaian. (Kreteria Penilaian terlampir).

Berdasarkan kriteria diatas dapat ditambahkan atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan dan situasi karang taruna tahun 2016. Penilaian ini merupakan penilaian terhadap program kerja yang sudah dikerjakan bukan dalam bentuk rencana kerja. Jika masih dalam bentuk rencana kerja bisa direlasisasikan pada lomba tahun berikutnya.

D. Hadiah Lomba
Hadiah yang dapat diberikan kepada karang taruna memenuhi nilai tertinggi dari kriteria penilaian. Tidak perlu memberikan hadiah dengan nilai rupiah yang tinggi cukup memberikan piagam penghargan yang diberikan kepada juara satu, dua, dan tiga. 

E. Anggaran lomba
Anggaran yang dibutuhkan dalam lomba karang taruna yang dipergunakan untuk kebutuhan lomba dan hadiah lomba. Kebutuhn ini melupti kebutuhan rapat, administrasi, lomba, dan pasca lomba. Rincian Anggaran dana terlampir.

Lampiran - Lampiran
Lampiran Konsep Lomba se Desa Blagung diatas dapat di Download Disini
Share:

3 komentar:

  1. assalamualaikum
    salam taruna,

    BalasHapus
  2. bahwa dalam rangka menyambung silaturrahmi, saya atas nama pengurus karang taruna, meminta ijinkonsulatsi.
    thanks

    BalasHapus
  3. besara harapan saya agar kiranya bisa berbagi ilmu karang taruna,
    email
    israfilradiallah.asakota@gmail.com

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Arsip Blog

Apa kata mereka?

Rosidi: Pemuda, Baktimu Kini

"Tidak hanya sebuah gagasan, tetapi bukti" itu lah karang taruna Ristansari. Saya menjadi saksi dimana selama dua tahun ini pem...