30 November 2016

Pembentukan Karang Taruna Desa Blagung

Ristansari - Karang Taruna sebagai organisasi sosial kemasyarakatan memiliki peran sebagai wadah dan sarana pengembangan anggota masyarkat yang tumbun dan berkembang atas kesadaran dan tangungjawab sosial terutama di pelopori oleh muda di suatu desa untuk kesejahteraan sosial (Pedmoan Dasar Kartar). Organisasi KarTar memiliki urgensi yang penting dalam mewadahi, memperdayakan, dan mengatasi berbagai isu sosial yang ada di desa, terlebih menyuseskan program pemerintah terkait pemuda dan olah raga pada tahun 2017. Oleh karenya, pada hari Minggu, 27 November 2016 diselengarkan rapat pembentukan karang taruna tingkat Desa di Blagung.

Rapat Pembentukan KarTar Blagung

Pemerintah desa Blagung bersama dengan tim formatur pembentukan KarTar mengundang perwakilan KarTar di Desa Blagung yakni berjumlah 25 KarTar dari 35 RT yang ada di Desa Blagung. Pada rapat tersebut dihadiri sekitar 26 peserta dari berbagai perwakilan rapat serta perangkat Desa. 


Acara dimulai dengan menyakikan lagu Indonesia raya, dan Mars Karang Taruna, setelah beberapa sambutan dari pihak Desa selanjutnya rapat pemilihan ketua KarTar di pimpin oleh moderator pemilihan pengurus dengan penunjukan Dewan Kohormatan sebagai keputusan tertinggi. Selanjuntya pemilihan dilakukan berdasarkan musyarwarah untuk mufakat yang merupakan asas pemilihan di Indonesia dan kearifan lokal. 

Pada pemilihan ini berlangsung sangat tertib dan kondisfi sehingga terlipilihlah sdr. M. Cahyono sebagai ketua, yang juga merupaka ketua KarTar Ristansari periode 2016 - 2018. Selanjutnya dilakukan pemilihan pengurus yang lain yakni wakil ketua dan sekertaris dan bendahara yang di pimpin oleh ketua terpilih dan disetujui bedasarkan musyawarah seluruh peserta. Dengan struktur organisasi sebagai berikut:
  • Ketua : Muhammad Cahyono
  • Wakil : Alif
  • Sekertaris1: Nurul
  • Sekertaris 2: Dwi
  • Bendahara 1: Ehsan
  • Bendahara 2 : Sari
  • Humas: Catur, Triyanto, Wahyu, Ihsan, Hafid, Rohman
Setelah semua pengurus terpilih serah terima jabatan dari perangkat Desa Blagung kepada ketua karang taruna yang baru.

Tugas Karang Taruna Blagung

Sejumlah tugas sudah siap menanti pengurus karang taruna tingkat Desa Blagung yang sebagian besar telah digambarkan oleh perangkat desa. Sedangkan tugas pokoknya yaitu
  • Menentukan Nama KarTar
  • Menysusn visi, mis, dan progra kerja
  • Menyusun ADART 
  • Menentukan seksi - seksi yang lain sesuai dengan program kerja

Setelah semua administrasi diatas disiapkan maka akan diadakan pertemuan selanjutnya untuk melakukan untuk disosialisasikan dan penentuan seksi - seksi yang lain. Pedoman pembentukan karang taruna yang lain perlu dipesiapkan lebih detail lagi sebelum di sosialisasikan.

Pembentukan kartar induk Desa Blagung ini merupakan langkah awal dalam mengajak generasi muda untuk membina karang taruan desa, KarTar tingkat dukuh diseluruh Desa Blagung, melaksanakan kegiatan kepemudaan, membagun dan membina SDM generasi muda di Desa Blagung untuk mewujudhkan desa yang maju. 


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Apa kata mereka?

Rosidi: Pemuda, Baktimu Kini

"Tidak hanya sebuah gagasan, tetapi bukti" itu lah karang taruna Ristansari. Saya menjadi saksi dimana selama dua tahun ini pem...