27 Mei 2017

Padusan, Tradisi Menyambut Ramadhan

Ristansari - Marhaban ya ramadhan, bulan Ramadhan telah tiba. Menyambut bulan suci ini selalu identik dengan tradisi padusan. Apa itu padusan, padusan adalah mandi untuk membersihkan diri agar secara fisik badan bersih sebelum menjalankan puasa. 
Padusan Kali Cemara
Yang menarik dari padusan bukan hanya mandi tetapi keceriaan yang menyelimutinya. Selain mandi umat muslim biasanya juga asik memberiskan sarana ibadah baik tikar maupu karpet masjid atau mushola yang malamnya akan digunakan untuk tarawih. 

Padusan juga menjadi moment spesial dimana mandi tidak dilakukan di rumah tetapi ditempat - tempat yang ramai dikunjungi seperti wisata air atau sungai. Termasuk di Kali Cemara Desa Blagung Simo Boyolali.

Kali Cemara tampak berbeda dibaning hari biasa, gemuruh pengunjung yang asik bermain air dalam rangka padusan sangat terasa. Puluhan pengunjung asik bersama keluarga dengan menggunakan ban mobil ataupun langsung terjun ke sungai. 

Hadirnya Kali Cemara pada bulan Mei memberikan wahana untuk padusan, selain itu ada juga organ tunggal dari Ristansari dan makan lutis bersama dengan warga Tanjung Sari RT 13. Terlebih ada pula adik - adik bantara dari SMK Bhakti Karya Simo yang mengadakan Baksos Camp pada tanggal 26 Mei ini. Kehangatan begitu terasa selayaknya "Keluarga Cemara" pada Padusan 1438 H.
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Arsip Blog

Apa kata mereka?

Rosidi: Pemuda, Baktimu Kini

"Tidak hanya sebuah gagasan, tetapi bukti" itu lah karang taruna Ristansari. Saya menjadi saksi dimana selama dua tahun ini pem...