19 Juli 2018

Bagaimana Proposal Pengajuan Bantuan Kegiatan


Pertanyaaan: Fikri Rustandi, melalui email pada 9 Juli 2018

Assalamualaikum, Wr.Wb

Salam sejahtera utuk kita semua.
Terkait kegiatan Karang Taruna. Kami dari Karang Taruna Kerukunan Remaja Ciomas Harapan_ Bogor ingin berdiskusi dengan kk sekalian perihal majunya karang taruna di wilayah kita.
Semoga menjadi wadah utuk mempererat talisilaturahmi.
Salam dari kami KRCH.

Jawaban: Walaikumsalam
Salam kenal dari kami, Karang Taruna Ristansari, dk Tanjungsari RT 13, Blagung, Simo, Boyolali

Kami siap bertukar pendapat dan berdiskusi prihal karang taruna

Salam
KarTar Ristansari

Pertanyaaan: Terimakasih atas kesedian kk utk berdiskusi. Kami karang taruna baru terbentuk 1 tahun, kami ingin tau bagaimana agar proposal pengajuan bantuan kegiatan kita bisa diterima dan mendapatkan biaya utuk kegiatan.

Jawaban: Membicarakan tentang karang taruna, setelah pembentukan pengurus, maka perlu adanya program kerja. Proker ini lah yang nantinya menjadi detak jantung karang taruna. Kalau ada kegiatan, maka karang taruna hidup. Seputar langkah mendirikan karang taruna silahkan klik http://ristansari.blogspot.com/2016/08/cara-langkah-mendirikan-karang-taruna.html

Sedangkan dalam menjalan kegiatan kepemudaan sebenarnya bisa tetap berjalan meskipun tanpa dana. Hal ini lah yang harus menjadi mindset pengurus karang taruna. Seperti halnya di Ristansari yang lebih menitik beratkan pada kegiatan berbasis sosial sehingga tidak memerlukan dana dan kegiatan lain didanai dari swadaya masyarkat baik anggota dan warga di kampung kami.

Memang perlu diketahui pula prihal bantuan. Sebenarnya proposal sendiri bisa berupa bantuan dana dan bantuan non dana (bersifat fisik). 

Membicarakan bantuan dana bahwa sebenarnya setiap desa sudah punya anggaran untuk karang taruna, karena secara hirarki karang taruna ada dari desa hingga pusat yakni Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinis, dan Pusat. Selain itu, dasar hukum karang taruna merupakan KUH dari Kemensos.

Anggaran karang taruna sudah dianggarkan di ADD, sehingga karang taruna berhak menayakanya ke pihak desa. Dana setiap desa berbeda - beda ada yang hanya 3 jutaan ada pula yang mencapai diatas 10 juta per desa. Dana tersebutlah yang bisa ditanyakan ke pihak desa untuk bisa digunakan untuk mendanai kegiatan KarTar. 

Selain itu, proposal juga bisa diajukan ke berabgai dinas setempat, baik dinas tingkat kecamatan maupun dinas tingkat provinsi. 
Misal ke dinas pertanian: Yakni bantuan bibit tanaman, DLH: tempat sampah, dll, Dinkes : ABT, fonging, dan lain sebagianya, Dinsos: penyuluhan, Karang Taruna tingkat kecaamtan dan Kabupaten. 

Selain itu, karang taruna juga dapat mengajukan ke perusahaan/ pabrik dilingkungan setempat dengan membidik CSR (Corporate Social Responsibility). 

Usahakan secara aktif mengakses berbagai program yang ada dipemerintahan dalam arti dinas - dinas terkait, selai itu untuk perusahaan atau pabrik juga bisa menjadi solusi pengajuan bantuan. 

Demikian yang dapat kami sampaikan prihal seputar pengajuan proposal. Perlu digaris bawahi, pengajuan proposal tidak terpaku pada dana, tetapi dapat berupa barang, pelatihan, permintaan menjadi pamateri, penyuluhan dan lain sebagainya. 

Salam 
KarTar Ristansari
Share:

14 komentar:

  1. apakah pertahun nya ada anggaran dari dd untuk karang taruna walau hanya tingkat RW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karang Taruna merupakan salah satu organisasi kemasyarkatan resmi. Program ini secara formil ditetapkan oleh pemerintah dalam hal ini Dinsos. Oleh karenanya, karang taruan juga mendapatkan alokasi dana desa. Cakupan danaya adalah diperuntukan untuk karang taruna desa. Memang dalam fakta dilapangan ada karanga taruna dibawah desa seperti karang taruna tingkat RW dan ada karang taruna tingkat RT. Aada tidaknya alokasi dana karang taruna tingkat RW atau RT adalah kebijakan dari masing - masing desa. Apabila pihak desa punya kebijakan tersebut tentu bisa diaskes oleh karang taruna RW/ RT.

      Hapus
  2. Ada contoh proposal batuan di kemensos? Mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proposal bantuan bersifat normatif, dalam arti proposal tidak harus baku. Yang paling penting dari proposal tersebut adalah kegaitan/ bantuan apa yang hendak diakses oleh karang taruna harus secara jelas dan sesuai dengan kebutuhan dan segmen karang taruna. Sedangkan contoh proposal yang mirip bisa silahkan unduh terimakasih

      Hapus
  3. apakah bisa kelompok karang taruna mengajukan bantuan dana untuk kegiatan perkebunan/pertanian sayur mayur ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami rasa karang taruna boleh mengajukan proposal dibidang pertanian. Silahkan coba diajukan kepada dinas pertanian kecamatan atau kabupaten dengan menyertakan jenis tanaman yang akan diajukan

      Hapus
  4. Jika karang taruna di kelurahan kami ingin mengadakan kegiatan budidaya lele dgn kolam terpal dan tanaman hidroponik, proposal pengajuan ke dinas apa ya??

    BalasHapus
  5. Jika karang taruna di kelurahan kami ingin mengadakan kegiatan budidaya lele dgn kolam terpal dan tanaman hidroponik, proposal pengajuan ke dinas apa ya??

    BalasHapus
  6. Selama ini kami karang taruna oleh pemerintahan desa di kucilkan

    BalasHapus
  7. Bagaimana contoh proposal pengajuan karang taruna putri untuk pembelian mesin jahit

    BalasHapus
  8. Karang taruna tingkat rw Di kmpung saya kurang di perhatikan pemerintah terkait. sedangkan karang taruna tersebut aktif dalam kegiatan sosial....bagaimana caranya kami karang taruna tingkat rw supaya dapat perhatian dari pemerintah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Izin menjawab, saran saya alangkah lebih baiknya di diskusikan dengan pemerintah terkait, seperti halnya kepala desa dan dinas sosial dan kalau bisa harus di diskusikan dengan masyarakat, kalau dibicarakan baik-baik dan dengan pembuktian secara nyata insyaallah secara perlahan pemerintah dan masyarakat akan memperhatikan karang taruna, dan yang lebih penting rangkul seluruh pemuda yang ada di lingkungan dan sadarkan mereka akan pentingnya kesadaran sosial, anak yang nakal bukan untuk dijauhi tapi dirangkul dan di beri pemahaman yang mudah ia pahami. Sekian

      Hapus
  9. Berapa nominal add yg di terima oleh karang taruna tingkat kelurahan or desa untuk th 2020

    BalasHapus
  10. Kami sering mengajukan proposal untuk kegiatan karang taruna tapi anehnya pemerintah desa tidak menggubris dan tidak memberikan dana tersebut dengan alasan anggaran GK ada atau semacamnya. Bagaimana yg harus kami lakukan agar pemerintah desa memberikan dana Anggaran tersebut

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Apa kata mereka?

Rosidi: Pemuda, Baktimu Kini

"Tidak hanya sebuah gagasan, tetapi bukti" itu lah karang taruna Ristansari. Saya menjadi saksi dimana selama dua tahun ini pem...