08 Mei 2016

Penyuluhan Bahaya Rokok dari KKN STIKES PKU Muh Surakarta

Karang Taruna Ristansari kedatangan tamu dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta. Diwakili oleh 6 orang anggota KKN yang menyampaikan penyuluhan tentang Bahaya Roko bagi Remaja. Penyampaian meteri ini disampaikan pada salah satu acara inti yang telah disusun oleh karang taruna yaitu pada sesi Edukasi.

Agenda Kegaitan

Kegaitan malam hari dibuka oleh MC yang sudah dipilih berdasarkan arisan MC pada pertemuan bulan lalu, lalu dilanjutkan dengan sambutan- sambutan, inti acara, iuran angggota, pembacaan daftar presensi, istirahat dan lain -lain, dan ditutup dengan do'a bersama. Pada acara sambutan disampaikan oleh Wakli Karang taruna dengan penyampaian gambaran singkat tentang karang taruna Ristansari sebagai gambaran untuk teman - teman KKN seperti sudah adanya SK, ADAART, jenis kegiatan karang taruna, memiliki blog, administrasi yang cukup lengkap, dan lain - lain. Setelah itu dilanjutkan dengan acara inti yang dibawakan oleh moderator.

Penyuluhan Rokok bagi generasi muda

Memasuki acara edukasi yang merupakan salah satu acara inti pihak pemateri dari KKN STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta menyampaikan tentang bahaya rokok bagi tubuh meliputi pengertian rokok, kandungan rokok, bahaya rokok, dan upaya pencegahan rokok. Materi yang disampaikan kepada 39 anggota karang taruna ristansari malam itu bersifat dua arah, sehingga ada interaksi baik dari pihak penyuluh dan anggota karang taruna. Materi ini diberikan sebagai upaya pemahaman bahwa merokok dapat meyebabkan berbagai penyakit, bahkan kanker teruma sekarang ini generasi  muda pun sudah banyak yang merokok. 

Setelah penyampaian materi dilanjutkan tanya jawab dan sharing mengenai rokok dan solusi bagi pencandu rokok. Pihak KKN memberikan berbagai saran untuk berhenti merkok atau mengurangi rokok mulai dari diri sendiri, menahan diri, pencegahan dengan latihan pernafasan. Tidak hanya itu saja, disampaikan juga bahwa perkok pasif yaitu orang yang tidak pernah merokok tapi menghirup asap rokok justru lebih rentan terhadap penyakit dari pada perokok aktif.

Demikian ulasan tentang kegiatan penyuluhan dari tim KKN STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta di Dk. Tanjungsari RT 13/03, Blagung, Simo, Boyolali yang bersamaan dengan kegiatan kumpulan rutin karang taruna Ristansari. Kami dari karang taruna Ristansari sangat berterimakash dan senang atas ilmu yang diberikan, tidak hanya itu saja dampak psikologi dengan hadirnya mahasiswa di dukuh kami juga memberikan inspirasi dan gambaran sosok mahasiwa khusunya jurusan kesehatan serta dikenalnya STIKES PKU Muhammadiyah di Tanjungsari khususnya dan Blagung pada umumnya. 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Apa kata mereka?

Rosidi: Pemuda, Baktimu Kini

"Tidak hanya sebuah gagasan, tetapi bukti" itu lah karang taruna Ristansari. Saya menjadi saksi dimana selama dua tahun ini pem...