21 Mei 2016

Perpisahan dengan KKN STIKES PKU Muh Surakarta

Ristansari – Setelah 3 minggu mengadakan KKN Perkesmas di wilayah kerja RW III, Desa Blagung, Tim KKN dari STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta mengadakan malam perpisahan dengan masyarkat desa. Pada agenda ini dihadiri oleh 16 Tim KKN, 1 orang dosen pendamping, perangkat desa, tokoh desa, perwakilan PPK, perwakilan karang taruna, dan masyarkat dari RT 12, 13, 14, dan 15. Acara yang berlangsung dari jam 8 hingga 10 malam ini berjalan secara ceremonial yang bawakan oleh pihak KKN meliputi penyampaian hasil proker, agenda, perpisahan, dan piagam.


Acara Perpisahan KKN

Acara perpisahan dengan Tim KKN dilaksankan di Posko tiga tepat di dk. Tanjungsari RT 13/ 03. Acara ini dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan dengan acara inti yaitu penyampaian hasil program kerja, dan perpisahan. Beberapa hasil program kerja yang disampaikan yaitu 1) penyuluhan bahasa merokok ke generasi muda, 2) pemeriksaan gula darah, 3) pembentukan dan kaderisasi Posyandu di dk Tanjungsari, 4) Kaderisasi program pemberantasan sarang nyamuk (PSN) ke karang taruna dan pelaksanaanya. Setelah penyampaian program dilanjutkan dengan evaluasi, tanya jawab, dan klarifikasi terhadap proker sebagai upaya untuk refleksi yang selanjutnya menjadi tindak lanjut di wilayah kerja RW III.

Penyerahan piagam dan spanduk

Selesai acara laporan hasil proker dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan yang diberikan oleh Dosen pendamping kepada karang taruna karena telah melaksanakan dan menjadi kader PSN. Selain itu setiap RT di RW III juga mendapatkan 2 buah banner tentang bahaya merokok. Melalui piagam dan spanduk ini nantinya diharapkan dapat menjadi pelopor akan hidup sehat tanpa rokok dan mencegah serangan nyamuk di desa.

Ceremonial acara perpisahan

Acara perpisahan disampaikan oleh perwakilan dari tim KKN kepada seluruh warga dengan harapan bahwa nanti program yang telah dicanangkan dalam KKN Perkesmas ini bisa berkelanjutan dan memberian manfaat bagi seluruh warga desa. Selanjutnya acara perpisahan juga disampaikan oleh perwakilan RW III yaitu Bapak Bayan mengucapkan banyak terimkasih atas ilmu dan proker yang telah dilaksankan dan permintan maaf kepada pihak KKN. Kesan dan pesan perpisahan juga disampaikan oleh perwakilan karang taruna di RW III bahwa baru KKN dari STIKES Muh Surakarta ini yang menyentuh generasi muda, bersedia memberikan penyuluhan, bahkan ikut serta dalam program kerja karang taruna seperti membersihkan mushola, serta terimkasih atas kaderisasi PSN ke Karang taruna. 

Kegiatan KKN dari STIKES PKU Muh Surkarta sangat berkesan bagi kami, karena tidak hanya generasi muda, tetapi semua pihak baik anak- anak, orang tua, dan PKK pun mendapatkan manfaat serta berbagai pembantukan kaderisasi yang menjadi masukan baru untuk desa kami. Kami dari pihak karang taruan mengucapkan terimaksih dan minta maaf jika salah kata. Selamat jalan, selamat belajar kembali, segera lulus, dan selamat mengabdi ke masyarkat.


Akhir kata “tidak ada manusia yang sempurna, kami lah bukti nyatanya”. Sukses untuk Tim KKN wilayah kerja Tanjungsari RW III khususnya dan semua TIM KKN di desa Blagung umumnya.

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Apa kata mereka?

Rosidi: Pemuda, Baktimu Kini

"Tidak hanya sebuah gagasan, tetapi bukti" itu lah karang taruna Ristansari. Saya menjadi saksi dimana selama dua tahun ini pem...